Senin, 31 Agustus 2015

Kesederhanaan Membawa Kesuksesan

Kesederhanaan jauh lebih kaya daripada kemewahan

Sahabat SSC rasanya tidak lengkap bila kita tidak mengetahui sosok satu ini.

Alumni SSC Area Jombang yang memiliki banyak prestasi hingga tahun ini ahamdulillah bisa menembus salah satu PTN favorit di Indonesia yaitu Universitas Airlangga jurusan Psikologi.

Dia adalah Lili Dwi Novianti yang akrab dipanggil Lili bergabung di SSC sejak kelas 11 hingga 12 SMA, terlahir di Jombang 19 tahun lalu merupakan sosok sederhana yang pandai , tekun dan periang.

Lili sendiri tidak pernah mengira bahwa dirinya akan menjadi siswa berprestasi, tetapi menurut alumni SMAN Mojoagung ini apa yang dialaminya semua bukanlah secara kebetulan, melainkan hasil jeri payahnya dan orang-orang yang tidak bosan untuk memberikan motivasi maupun doa kepadanya.

Lili sebenarnya terlahir dengan latar belakang keluarga yang bisa dibilang menengah kebawah secara finansial, tetapi karena hal inilah dia tidak bisa tinggal diam dan pasrah menerima nasib keadaan yang ada, tekad anak pertama dari dua bersaudara ini selalu berusaha mencari cara agar bisa meringankan beban orang tuanya dan membantu perekonomian keluarga supaya kedua orang tuanya kelak bisa beristirahat dan menikmati di masa tuanya. Amin.

Keinginan itulah yang sejak kecil ada pada dirinya. Ibarat tanaman tumbuh memiliki cabang, berdaun dan berbuah hingga waktunya tiba menjadi pohon yang tinggi, kokoh dan kuat, ungkap alumni SMPN 1 Mojosari ini. Lili bersyukur diberikan kehidupan seperti ini oleh Allah, karena bisa banyak belajar memaknai hidup.

Ketika masih SMP teman-temanya bisa bermain bersama sepulang sekolah, justru waktu Lili dihabiskan untuk mengikuti ektrakulikuler, rapat organisasi dan les di lembaga bimbel dari kelas 9 SMP karena ia yakin bahwa selalu ada manfaat dimasa yang akan datang dari apa yang dilakukannya. Disaat mereka sudah bisa mengendarai motor, lili hanya bersepeda dan cukup bersepeda kemana-mana. Pulang menjelang sore dan menikmati dengan keadaan yang ada tanpa mengeluh.

Ketika SMA teman-teman bisa pergi keluar bermain, makan, ngedate atau naudzubillah bahkan berani menggunakan uang SPP untuk jajan dan merasakan remaja yang sesungguhnya saat itu. Justru waktu tidak digunakan dengan sia-sia oleh anggota Pramuka & Paskibra ini dengan berusaha mencari beasiswa dan mengajukan keringanan membayar biaya sekolah. Saat pulang hingga larut malam, karena jarak yang ditempuh dari Sekolah ke rumahnya sekitar 13 km dengan menggunakan angkutan desa. Untung saja, hingga pukul 8 malam masih ada angkutan desa (H2) penghubung Kecamatan Mojoagung ke Mojowarno. Tidak hanya itu waktu pulang pun ketika tugas tidak begitu banyak digunakan Lili membantu orang tuanya berjualan Soto di daerah Mojowarno.

Pernah waktu itu sepulang dari ekskul Paskibra, papar pengalaman lili, dia dan temannya menunggu mobil Angkutan desa (len) hingga pukul 7.30 malam tetapi tak kunjung tiba. Dan bersamaan pada waktu itu terdapat mobil Ambulans RSK Mojowarno yang tak jauh dari rumahnya. Akhirnya dia bersama temannya memberanikan diri menanyakan apakah boleh menumpang. Alhamdulillah, berkat kebaikan hati pak Sopir Ambulans kami diperbolehkan. Saya juga sering menerima tawaran orang berhati malaikat yang bersedia mengantarkan saya saat pulang, ungkap pemudi yang saat ini bergabung di Relawan Muda Indonesia. Tidak hanya tumpangan didapat tetapi nasihat maupun semangat untuk berprestasi merupakan sesuatu yang sangat bernilai.

Menurutnya bertemu dengan orang baru dan suasana baru sangat mengasyikan, tetapi harus memfilter apa saja yang harus diambil dan dijadikan penyemangat dan motivasi dari orang-orang tersebut. “Jadilah dirimu sendiri”, memberikan kesan yang baik dengan perilakumu, jaga lisan dan tata krama juga mempengaruhi orang yang akan bersikap kepada kita. Tetap rendah hati jika dipuji atau sebaiknya. Alhamdulillah, menuaikan hasil yang tak terduga. Semakin kita berbuat baik semakin banyak pahala dan banyak yang berbuat baik juga kepada kita. Ada saja waktu dimana kita membutuhkan pertolongan dan tiba-tiba Allah memberikan anugerahnya, tutur mahasiswi UNAIR jurusan Psikologi saat ini.

Berikut prestasi yang ia dapat saat SMA, LKBB KOBBAR SMAN 1 BANGIL tingkat Jawa Timur tahun 2013, LKBB STEISIA SURABAYA tingkat Jawa Timur tahun 2013, JUARA 2 ARTIKEL ILMIAH UNIV. AIRLANGGA SBY tingkat Provinsi dan JUARA 3 JUNIOR WRITERS MAGNA OLYMPUS INDONESIA tingkat Nasional serta Masuk PTN Unair jurusan Psikologi dengan jalur Bidik Misi.

Aku bukan anak yang baik. Tetapi aku berusaha menjadi yang terbaik untuk orang-orang disekitarku. Menjadi anak yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Kata mutiara dari Lili.

Tips untuk adik-adik agar sukses permintaan pak Bagus :
1. “Better try than never”. Kalian nggak bakalan tahu kalau nggak mencoba sesuatu hal yang baru. Jadikan itu sebagai tantangan buat kalian.
2. Berusaha dan doa, tirakat (puasa sunah senin & kamis), sholat dhuha, tahajjud, istiqarah, sholat taubat juga. Banyak berdoa, dzikir ngaji juga yaaa.. ~Man jadda Wa Jadda.
3. Cari bakat dan minat kalian. Di dunia ini banyak yang pintar tapi karena “malas” jadi begitu saja deh. Setelah menemukan bakat dan minat kalian, asah dengan baik. Agar kalian perlahan menjadi seseorang yang mempunyai keahlian yang berbeda dan bisa dijadikan tolak ukur dengan keahlian yang lain.
4. Jangan sesekali bikin ortu kalian sedih bahkan sampai menangis.
5. Percaya kalian pasti bisa. Doa kalian pasti didengar kok, untuk terwujud ga segampang itu. Karena Allah Maha Tahu yang terbaik untuk kita. “Kun Fayakun”.

No. HP/WhatsApp : 0858560333xx/0813501800xx (bisa minta manajemen SSC)
Fb/Twitter/Instagram : Lili Dwi Novianti/@Lili_dwinov/Lilidwinov

Alhamdulillah ini tadi secuplik cerita siswa saya tentang LILI DWI NOVIANTI,
semoga bisa bermanfaat dan kita ambil hikmahnya.
Kalau dia bisa adik-adik pasti bisa??? ....
kita tunggu ceritamu selanjutnya...

Salam SSC dua...
Future Education, today..

* by Bagus Sulaksono






Tidak ada komentar:

Posting Komentar